Senin, 08 Mei 2017

Selain Cantik, Tenyata Bunga Matahari Juga Mempunyai Khasiat....! ! Kira kira apa Manfaatnya...Simak Penjelasannya...

Bunga Matahari biasanya ditanam sebagai tanaman hias atau penghasil minyak biji bunga matahari. Selain bunganya yang indah dan bijinya yang nikmat jika dibuat kuaci,ternyata terdapat manfaat lain yang sangat berguna untuk kesehatan  seperti yang di publish oleh situs kabarsehat.com tenyata bunga matahari dapat membantu meredakan asma. 

Nama Bunga matahari dilabelkan pada bunga ini karena tanaman ini bunganya berbentuk seperti matahari dan juga karena ia selalu mengarahkan bunganya ke arah matahari sehingga dia memiliki keuntungan lebih dari tanaman lain dalam proses fotosintesis.

Selain Cantik, Tenyata Bunga Matahari Juga Mempunyai Khasiat....! ! Kira kira apa Manfaatnya...Simak Penjelasannya...


Kandungan kimia yang terdapat pada bunganya antara lain: Quercimeritrin, helianthoside (A,B,C), oleanolic acid, echinocystic acid. Sedangkan dalam bijinya terkandung Beta-sitosterol, prostaglandin E, chlorogenic acid, quinic acid, phytin, 3,4-benzopyrene

Pengetahuan tentang meredakan asma menggunakan tanaman bunga matahari telah di dapat masyarakat secara turun temurun. Bagaimana cara memanfaatkannya sebagai obat yang ampuh? Saat serangan asma sedang kambuh, gunakan air rebusan bunga matahari, ambil bagian tengah bunga matahari. 

Caranya dengan mengambil sekuntum bunga matahari, cuci bersih, lalu rebus dalam 500 ml air menggunakan api kecil hingga air menyusut setengahnya. Diamkan sejenak. Dalam keadaan hangat masukkan gula batu secukupnya, dan dapat segera diminum. Diharapkan hal ini dapat meredakan asma Anda. Tentu setelah itu sebaiknya Anda menghubungi dokter untuk memeriksa perkembangannya.

Menurut Dr. Setiawan Dalimarta, “Bunga matahari mengandung zat quercimeritrin yang berperan sebagai antihistamin (antialergi) dan anti radang sehingga bermanfaat bagi penderita asma.  Bagian tengah mengandung banyak zat berkhasiat berupa hormon (prostaglandin E), asam linoleat, lemak tak jenuh ganda, protein, mineral dan serat yang semuanya berperan meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan bagian biji bersifat mengencerkan dahak(espektoran) sehingga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit saluran nafas seperti asma, bronkhitis, laringitis, dan batuk.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar